Monday 29 September 2014

Filled Under: ,

Tips Lolos SNMPTN (2)

SNMPTN tipsSNMPTN
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAH
Ya, langsung saja bahas tips berikutnya , jika belum pernah membaca tips lolos SNMPTN 2014 sebelumnya, bisa dilihat >> disini

4. Pahami secara detail Aturan SNMPTN
Ini penting banget guys, karena ada beberapa aturan yang tidak boleh disepelekan. Misal salah satu Universitas yang kita pilih 'harus' berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah kita. Ada juga syarat di jurusan jurusan tertentu seperti Teknik,Kimia,Kedokteran,dll mengenai syarat buta warna bahkan syarat syarat fisik lainnya.
Ada juga aturan SNMPTN khusus Universitas yang kamu pilih, misal diwajibkan mengisi formulir tertentu di website resmi Universitas yang bersangkutan. Kemudian ada juga khusus untuk bidang Olahraga dan Kesenian harus membuat karya tertentu sebagai syarat pendaftaran SNMPTN. Dan aturan mengenai pemilihan jurusan kuliah harus relevan dengan jurusan di SMA/SMK. Pahami betul aturan mainnya, agar tidak merugikan diri sendiri nantinya.

5. Mulai kumpulkan piagam kejuaraan dan prestasi Lainnya
Entah seberapa besar pengaruh yang diberikan dari piagam kejuaraan, tapi mulai sekarang yang merasa memiliki piagam kejuaraan/prestasi kumpulkan berkas berkas tersebut, syukur syukur sudah di scan jauh jauh hari, untuk nantinya di upload saat kita melakukan pendaftaran sendiri di situs SNMPTN. 

6.  Memilih dan memilah jurusan dari sekarang
Mulai memilih jurusan yang sekiranya merupakan perpaduan antara bakat minat serta kemampuan dan tentunya berdasarkan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki. Ingat, belum tentu grafik rapor yang terus meningkat menjamin kamu bisa lolos SNMPTN, diusahakan untuk memiliki nilai yang stabil. Jangan lupa untuk selalu sharing informasi dengan guru BK, orang tua, senior dan bisa juga kalian ikuti Bedah Kampus untuk mengetahui informasi jurusan di Universitas

7.  Perhatikan urutan Pemilihan Jurusan
Biasanya disediakan tiga pilihan jurusan saat SNMPTN. Nah, urutan jurusan itu dianggap sebagai prioritas, ibaratnya seperti ini
1. Jurusan yang sangat diinginkan
2. Jurusan yang diinginkan
3. Jurusan yang menarik
Umumnya mereka yang diterima di SNMPTN diterima di jurusan pertama. Oleh karena itu jangan sampai salah menempatkan posisi jurusan saat mendaftar SNMPTN

8. Berdoa, berusaha, meminta doa restu sanak saudara dan jangan lupa sedekah
Ya, inilah hal-hal penting yang harus mengimbangi semuanya. Bersedekahlah untuk memudahkan kamu di segala urusan, berdoa-lah agar semua dapat terwujud, berusaha tentunya, jika masih semester 5 masih ada kesempatan untuk membuat prestasi nilai rapor menjadi baik/stabil jika tidak maka persiapkan usaha lain, yakni belajar untuk ujian tulisnya. Yang terakhir adalah meminta doa restu sanak saudara, semakin banyak yang mendoakan kita semakin kuat doa itu untuk bisa sampai pada Tuhan. Optimis ya !

Unknown

Author & Editor

Admin @infomasukptn sejak tahun 2012 yang memberikan informasi di berbagai sosial media. Untuk informasi real time bisa ikuti info di twitter @infomasukptn atau LINE : @nje7046e (pakai @) .

8 komentar:

  1. kak, saya mau tanya itu kan kalo daftar snmptn kalo bisa yang kampusnya se wilayah ya.. berati gabisa dong kalo sekolah saya ada di joglo, daftar snmptn milih kampus IPB? makasih kak

    ReplyDelete
  2. kak, saya mau nanya nih, kan saya tinggal di jakarta, mau daftar SNMPTN, bisa engga PTN nya itu UI, IPB, IPB?

    ReplyDelete
  3. Udah ada gambaran buat SNMPTN 2016 belum kak?

    ReplyDelete
  4. jurusan yang saya pilih :
    1. biologi (UB)
    2. management sumber daya perairan (UB)
    3. desain komunikasi visual (UM)

    pilihan yg palimg sya minati pilihan ke 3 , sementara pilihan ke 2 jurusan yg menarik bagi saya , pilihan 1 atas saran dari orang tua dan saudara

    mohon solusi nya kak :)

    ReplyDelete
  5. kak saya mau nanya nih, kan saya sekarang sudah kelas 3 SMA dan ingin menentukan jurusan namun saya masih labil dengan jurusan yang saya mau karena saya masih melihat-lihat jurusan mana yang paling cocok untuk saya nah itu solusinya gimana kak?saya juga masih melihat lihat nilai saya supaya saya tidak salah pilih jurusan, Selain itu juga bisa ga si kak kalo kita ikut SNMPTN tapi kita gapunya piagam atau penghargaan tapi saya masuk 3 besar terus yang saya punya cuma setifikat non akademik nah itu gimana kak?


    Mohon solusinya ya kak:)

    ReplyDelete
  6. kak saya mau nanya nih, kan saya sekarang sudah kelas 3 SMA dan ingin menentukan jurusan namun saya masih labil dengan jurusan yang saya mau karena saya masih melihat-lihat jurusan mana yang paling cocok untuk saya nah itu solusinya gimana kak?saya juga masih melihat lihat nilai saya supaya saya tidak salah pilih jurusan, Selain itu juga bisa ga si kak kalo kita ikut SNMPTN tapi kita gapunya piagam atau penghargaan tapi saya masuk 3 besar terus yang saya punya cuma setifikat non akademik nah itu gimana kak?


    Mohon solusinya ya kak:)

    ReplyDelete
  7. saya mau nanya snmptn
    pilihan 1 pgsd unimed
    pilihan 2 pendidikan bio unimed
    pilihan 3 b.indonesia unimed
    bingungnya karena saya anak ipa gmana ada gak kemungkinan saya lulus snmptn?

    ReplyDelete
  8. Permisi ,saya mau tanya nih mumpung masih kelas 10. Saya kan cenderung ke menggambar ,musik ,dll. Serta olahraga. Jurusan apa yg harus dipilih y ?
    Saya juga anak ips...hehehe

    ReplyDelete

 

Kerjasama dan media partner:

  • Copyright © InfoMasukPTN™ is a registered trademark.
    Designed by Infomasukptn. .