Sunday 14 September 2014

Filled Under: ,

Rata rata nilai rapor 85, bisakah lolos SNMPTN?

artikelSNMPTN SNMPTN
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAH


Jika nilai rata rata rapor di atas 85 per semester,tidak punya piagam, bagaimana peluangnya untuk SNMPTN ?

Pernahkan kalian wahai mahasiswa calon pendaftar SNMPTN bertanya tanya hal seperti itu ?

Atau mungkin ada pertanyaan lain semisal : Nilai saya naik turun tapi saya punya piagam OSN bagaimana peluang diterima di SNMPTN ? Jika KKM tinggi peluang masuk SNMPTN bagaimana? Jika saya ingin masuk ke jurusan fisika tapi nilai fisika saya tidak stabil apakah masih berpeluang? Jika nilai rata-rata rapor saya selalu naik dari angka 84 apakah saya bisa diterima di jurusan Farmasi UI ?

Mulai sekarang berhentilah mencari kepastian peluang SNMPTN guys. Lihat realita penilaian SNMPTN dulu.  Sebenarnya tidak ada parameter “pasti” mengenai SNMPTN, jika dibandingkan dengan SBMPTN maka SNMPTN lebih sulit di prediksi atau dikendalikan peluangnya. Ditambah lagi dengan variabel penilaian yang kiranya masih belum diketahui secara pasti oleh masyarakat umum.

Penilaian SNMPTN sendiri sebenarnya memilih siswa terbaik dari siswa yang mendaftar dari jurusan tersebut. Jadi jangan besar kepala dulu ketika kalian memiliki piagam OSN dan nilai rapor kalian selalu naik, karena nasib kalian juga tergantung pada mereka yang mendaftar pada jurusan yang kalian pilih. Misal Ani memiliki piagam OSN, nilai rapor selalu naik, memilih jurusan favorit di Universias Favorit, namun siapa sangka, Ani yang dikenal anak pintar yang selalu masuk 3 besar kalah dengan Susi yang merupakan murid biasa yang tidak memiliki piagam OSN.

Lalu apa penyebabnya? Ani kurang beruntung karena kurang tepat memprediksi lawan. Mari kita gunakan logika. Berapa jumlah siswa di Indonesia? Jika Ani pintar di sekolahnya , apa sudah pasti  ketika disandingkan dengan siswa pintar lainnya ia masih menjadi siswa pintar ter-atas?

Nah, coba pikirkan lagi, mereka yang mencoba mendaftar di jurusan Favorit terlebih di Universitas Favorit? Mayoritas mereka adalah siswa yang sekiranya merasa dirinya mampu untuk tembus lewat SNMPTN berbekal dengan nilai dan prestasi yang mereka miliki, walaupun tak sedikit mereka memilih jurusan favorit atau Univ Favorit karena modal nekat dan gengsi.

Oke, jadi jangan mempertanyakan kemungkinan atau seberapa besar peluang saya bisa lolos, kira kira bisa tidak diterima di Jurusan Farmasi UI,dll. Ketika nanti ada orang yang menjawabnya, biasanya kalian akan tersugesti dengan jawaban tersebut, yang menyebabkan dua kemungkinan. Misal menjawab pasti lolos, dan suatu ketika pengumuman kalian tidak lolos pastilah kalian akan menyesal dan kecewa berat. Dan misal orang lain menjawab, “wih, berani amat kalian ke jurusan itu, sainganmu pasti berat atau ga mungkin kalian bisa diterima dengan nilai naik turun seperti itu” ini akan membuat kalian merasa panik dan tersugesti, mencoba memilih jurusan lain yang notabenya “seadanya, yang penting masuk” , padahal belum tentu nilai naik turun itu tidak diterima.
Melihat realita yang ada, sudah banyak kejadian siswa yang memiliki cap siswa pintar tidak diterima jalur SNMPTN karena pilihannya terlalu tinggi yang otomatis pesaingnya “sangar”. Memiliki banyak piagam-pun belum tentu bisa diterima di SNMPTN jika tidak pintar menebak atau memprediksi siapa lawannya. Toh sudah banyak kasus juga siswa yang dirasa biasa biasa saja bisa lolos SNMPTN. Nilai rapor naik turun juga bisa ada yang diterima. Bahkan siswa yang memiliki nilai Fisika yang kurang maksimal dan naik turun bisa diterima di Jurusan Fisika saat kuliah.

Terus bagaimana? Harus memilih jurusan yang standar? Yang sedikit peminatnya? Weits, itu tergantung pilihan hidup kalian. Kalian mau “yang penting diterima” atau kalian akan kejar terus keingingan kalian. Peminat sedikit juga jangan diremehkan, jika mayoritas siswa pintar mulai berubah pikiran dan memiliki mindset “yang penting diterima” maka mereka akan berbondong bondong mencari jurusan sedikit peminat bagaimana? Ya, the power of “siapa lawanmu”

Nah, bagi mereka pengejar impian, mereka akan tetap mencoba mendaftar pada jurusan yang ia anggap baik untuk mereka/cocok/diminati. Jikapun ditolak, mereka akan sekuat tenaga membalas dendamnya di SBMPTN, karena SBMPTN bisa dipersiapkan dan bisa lebih “ditebak” peluangnya. Dan yang terakhir, SNMPTN faktor penentunya bukan hanya rapor, piagam, namun juga ada nilai indeks sekolah, prestasi alumni di PTN yang bersangkutan, dll.


So, buat kalian yang masih galau, silakan konsultasi ke orang tua atau guru BK, siapa tau mereka memberi solusi,dan jangan banyak bertanya tentang PELUANG SNMPTN, lebih baik fokus untuk mempertahankan nilai dan prestasi dan banyak mencari referensi mengenai jurusan yang diinginkan, serta persiapkan kemungkinan terburuknya,  jangan lupa baca juga >> apa saja yang dinilai di dalam SNMPTN

Unknown

Author & Editor

Admin @infomasukptn sejak tahun 2012 yang memberikan informasi di berbagai sosial media. Untuk informasi real time bisa ikuti info di twitter @infomasukptn atau LINE : @nje7046e (pakai @) .

58 komentar:

  1. jika nilai kurang dari 85 dan tidak memiliki piagam apa masih ada kesempatan ?

    ReplyDelete
  2. Jadi kalau kurang dari 85 itu solusi terbaiknya gimana min ? Mohon infonya ya

    ReplyDelete
  3. Jangan terlalu berharap dengan Jalur SNMPTN yang kita masih tidak tahu cara penilaiannya, Mendingan belajar buat SBMPTN saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro kalau bisa snmptn kenapa tidak .

      Delete
    2. Bro kalau bisa snmptn kenapa tidak .

      Delete
  4. ...galau saya min....nilai saya cuman 83 rata rata rapornya dri smster 1 ampe sekarang. Langsung d tendang mungkin ha ha

    ReplyDelete
  5. Berharap diberikan yang terbaik saja sama Tuhan.. Dia tahu tahu yang terbaik untuk kita, yang jelas jangan pernah berhenti berharap dan berusaha... :)

    Nilai rata-rata rapot saya dibawah 85, karena kehendakNya saya diterima di salah satu jurusan dan universitas terbaik di negeri ini lewat jalur SNMPTN.. Semangat ya teman-teman!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau daftar nya ke ptn mana ? Trus jurusan apa kak ?

      Delete
  6. Bismillah bisa lolos SNMPTN tahun 2016

    ReplyDelete
  7. terima kasih infonya... doakan agar saya bisa lolos SNMPTN

    ReplyDelete
  8. Berartiutk nilai aman minimal rata2 mata pelajaran ipa dan bahasa seriap semester 85 min??
    Trims

    ReplyDelete
  9. kalau snmptn lintas minat gimana min ..ipa ke ekonomi gimana peluangnya

    ReplyDelete
  10. Gausah terlalu mikirin snmptn. Dulu rata2 rapot ga sampai 85 padahal kkm udah 78-80, beraniin daftar snmptn di kombinasi jurusan dan ptn yang terkenal wow...dan ga diterima. Tapi kemudian diterima di jurusan+ptn yang sama di jalur tertulis.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Bang postingan anda mantap sekali. kriteria saya sama dengan yang abang posting.
    saya punya rata2 RAPOR 85
    saya punya rata2 RAPOR naik turun naik lagi
    saya punya piagam OSN 2 lembar di tahun yang berbeda
    saya dari alumni SMK yang secara persentase cuman kebagian 1% kursi PTN
    saya dari SMK antah berantah, SMK saya baru belum ada alumni di PTN manapun.
    komplit sudah ini galu. KACAUUUU!!!

    ReplyDelete
  13. Thanks for your information ^^
    Keep learn,try and pray ^^ semoga berhasil untuk menembus SNMPTN 2016. ^_^ I hope GOD ^_^

    ReplyDelete
  14. Doakan saya bisa tembus di snmptn :)

    ReplyDelete
  15. Bismillah optimis masuk snmptn 2016 aamiin. semangat semangat semangat! :)

    ReplyDelete
  16. Saya mau tanya nih. Saya anak IPA tapi mau masuk fakultas hukum bisa nggak? Terus nilai pada mata pelajaran apa yang harus di atas rata-rata? Lalu, agar bisa masuk FH UNDIP/UI/UGM, kira-kira batas minimal rata-rata rapornya berapa ya? Kalau nggak ada piagam kejuaraan gimana peluangnya kak?

    ReplyDelete
  17. Awalnya aku galau bgt karna nilai raporku naik turun. Tapi setelah baca postingan ini, aku optimis lulus snmptn tapi tetep harus persiapan di sbmptn juga buat jaga jaga. Thx min...

    ReplyDelete
  18. Bismillah, kalo kita emang uda mantep disuatu jurusan, yang kita lakukan tinggal berdoa. Kalo Allah meridhoi pasti akan diberikan jalan buat kita baik lewat SNMPTN, SBMPTN atau UMPTN. Allah akan bantu.

    ReplyDelete
  19. Betul banget, kalo kita ikut SNMPTN lebih baik kita memilih jurusan yang sedikit peminatnnya kemungkinan peluang untuk lulus bisa kita peroleh. Karena SNMPTN itu persaingannya cukup padat, kita tidak bisa memprediksi apa kita bisa jebol dengan jurusan yang kita sangat inginkan. Biarpun ada orang yang berturut-turut mendapatkan juara umum 1 dari kelas 10-12, menang olimpiade sains, banyak dapat piagam tapi kalo jurusan yang kita ambil peminatnya sangat banyak maka otomatis kita tidak bisa lulus di jurusan itu.

    ReplyDelete
  20. Bismillah lolos snmptn tahun 2017 :)

    ReplyDelete
  21. Bismillah semoga tahun depan bisa lolos snmptn Amin :)

    ReplyDelete
  22. InsyaAllah bisa lolos SNMPTN rahun 2017.

    ReplyDelete
  23. semoga bisa masuk fk di tahun 2017
    amin,,,,,,,,

    ReplyDelete
  24. Anak SMK nyimak aja dulu, diam2 tapi berbahaya

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Bismillah fk, lulus snmptn 2018

    ReplyDelete
  27. insaalah......rata2 saya di bawa 85 mudahan di beri kemudahan oleh allah agar bisa kulia di kampus yg di idolakan....AMIN

    ReplyDelete
  28. Harus dipersiapkan dari kelas XI ini

    ReplyDelete
  29. ketika Allah berkehendak maka tidak akan ada yang bisa menghentikannya seberapa sulitpun itu.. dan seberapa mudahpun permasalahan kita jika Allah tidak berkehendak maka kita takan mampu melewatinya.. Semangaattt!!!
    SNMPTN2017.. :)

    ReplyDelete
  30. Doakan ya semoga fia bisa masuk jalur SNMPTN Jurusan Psikologi UNSRI tahun ini 😇 Doa kalian sangat berharga guys😊

    ReplyDelete
  31. Saya kurang setuju kak tentang kalimat diatas yg menyatakan "Ani memiliki nilai yg selalu bagu dan punya piagam OSN tetapi kalah dengan susi yg hanya siswa biasa dan tidak memiliki piagam". SNMPTN kan hanya menyaring berdasarkan nilai raport dan piagam serta sekolah , dia yg sudah memiliki piagam OSN sudah diakui daripada yg tidqk punya , lagian dia memiliki nilai yg bagu di skolah. Otomatis Ani sudah lebih unggul dari susi dari segi rapor dan piagam . yg kemungkinan besar menang pastinya Ani walaupun sekolah Ani kurang terpercaya tapi berkat piagam OSN Ani sudah membuktikan ia terbaik ditingkat daerah nya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Snmptn tidak hanya tentang nilai yg tinggi tpi strategi anda dalam snmptn bagaimana apakah anda sudah benar dalam memposisikan pilihan atau tidak

      Delete
  32. Saya ingin sekali mendapatkan smnptn tapi nilai raport rata rata saya gak sampe 85 apakah kemungkinan bisa masuk jalur undangan saya udah membuat keputusan gak ambil jurusan atau fakultas yg bnyak peminat nya doakan ya teman-teman Mudahan bisa masuk tahun ini

    ReplyDelete
  33. saya jurusan ipa dari SMA swasta, bismillah saya ingin masuk komunikasi di ui. apakah ada peluangnya?

    ReplyDelete
  34. Makasih min..sangat memotivasi saya untuk lebih ikhtiar dan belajar lagi :)

    ReplyDelete
  35. Saya anak IPS tp pengen masuk fakultas keperawatan bisa gk ya?

    ReplyDelete
  36. Saya ingin masuk fkg unej tapi rata-rata nilai rapot dibawah 83 masih ada peluang keterima gak kak?, semoga saya tembus snmptn minta doanya untuk semuanya aamiin

    ReplyDelete
  37. Apa bisa lulus rata rata mata semua pelajaran 90, sekian di jalur undangan 2019

    ReplyDelete
  38. Rata" cuma 81:)itu gimna min apa masih ada harapan wkwk

    ReplyDelete
  39. Rata" cuma 81:)itu gimna min apa masih ada harapan wkwk

    ReplyDelete
  40. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama ridwan asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  41. Kalo masuk ui jurusan fisika nilai rapot fisika 80 80 89 89 90 tuh bisa masuk ga

    ReplyDelete

 

Kerjasama dan media partner:

  • Copyright © InfoMasukPTN™ is a registered trademark.
    Designed by Infomasukptn. .