Monday 28 December 2015

Filled Under:

Bedanya Saintek, Soshum dan Campuran

JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAH
Buat kalian nih yang masih baru baru ini mencari tahu apa sih bedanya Saintek, Soshum dan Campuran ? Boleh tidak siswa SMA IPA ambil jurusan Soshum? Boleh tidak siswa SMK ambil jurusan Saintek ? Kali ini kita bahal bahas khusus untuk SBMPTN, nah kalau mau tau boleh lintas jurusan atau tidak di SNMPTN bisa baca di artikel ini >> disini


Apa itu Saintek
Saintek merupakan kepanjangan dari Sains dan Teknologi, yang biasa dikenal dengan "kelompok IPA". Lalu terdiri apa sajakah Saintek itu ? 
Jurusan yang ada di kelompok saintek :
-  Kedokteran
- Teknik
- Farmasi
- Kimia,Fisika,Matematika
dll



Apa itu Soshum
Soshum merupakan kepanjangan dari Sosial dan Humaniora, yang biasa dikenal dengan "kelompok IPS". Lalu terdiri apa sajakah Saintek itu ? 
Jurusan yang ada di kelompok saintek :
- Ekonomi
- Ilmu Komunikasi
- Ilmu Politik
- Sastra
dll


NB : Jurusan Psikologi umunya dikategorikan sebagai kelompok Soshum, namun di beberapa PTN, yakni UNPAD,UNS, UNAND,UNSRI justru Psikologi masuk ke kelompok Saintek



Apa itu Campuran
Campuran adalah gabungan antara kelompok Saintek dan Soshum, 
Misal di SBMPTN nanti kamu memilih Kedokteran dan Akuntansi
dengan uraian Kedokteran = Saintek
Akuntansi = Soshum, maka wajib hukumnya kamu mengambil kelompok Campuran



Menentukan Jurusan
Nah setelah tahu apa itu Saintek,Soshum dan Campuran, maka saatnya kamu menentukan Jurusan yang akan dipilih di SBMPTN nanti. Apakah kalian memilih Saintek Semua, Soshum Semua, atau Gabungan antara Saintek dan Soshum
Kalian bisa lihat ilustrasinya di bawah ini :











Nah begitulah kiranya ilustrasi  saat memilih jurusan di SBMPTN nanti  



Asal SMA tidak berpengaruh
Nah, kalau di SBMPTN nih, latar belakang asal kalian tidak dipermasalahkan. Apakah dari SMA IPA,SMA IPS atau dari SMK. Yang penting kalian memenuhi syarat sebagai lulusan 2016,2015,2014 di SBMPTN 2016 nanti. Dan tentunya, bagi kalian yang berniat banting setir (lintas jurusan) kudu siap belajar dari awal. Apa aja materi yang bakal diujikan di  SBMPTN? Kalian bisa baca di artikel >> materi yang diujikan di SBMPTN

Unknown

Author & Editor

Admin @infomasukptn sejak tahun 2012 yang memberikan informasi di berbagai sosial media. Untuk informasi real time bisa ikuti info di twitter @infomasukptn atau LINE : @nje7046e (pakai @) .

171 komentar:

  1. Replies
    1. Min mau tanya aku skrng kan mau masuk perkuliahan ingin masuk jurusan dkv, nah saat mau masuk ptn kan hrs tes utbk dulu nah untuk masuk jurusan dkv itu harus masuk kelompok ujian saintek apa soshum?

      Delete
    2. Kak mau nanya, kalau yang mau lintas jurusan dari ipa ke ips, apa benar utbk yg pertamanya harus saintek lalu baru yang kedua ambil soshum atau dua duanya boleh langsung ambil soshum?

      Delete
  2. saya mau tanya min, saya kan SMA di jurusan IPA ya tapi nanti saya kuliah mau ngambil jurusan Bahasa Indonesia, apa itu boleh? dan jika saya melakukan tes, maka saya ngambil yang SOSHUM apa SAINTEK? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, boleh-boleh saja kak. ga memandang sma ipa/ips/smk semua bebas memilih. kalau pilihan kamu cuma 1 bahasa indonesia (soshum) ya pilih soshum saja. tapi kalau kamu ingin ambil 2 (soshum dan saintek) hukumnya wajib kamu ambil campuran :D #semoga benar nih ya jawabannya

      Delete
    2. Aku lulusan smk aku mw msk jurusan pertanian. Tp aku bingung msk dlm klompok bidang apa? Saingek atau soshum??

      Delete
    3. bantu jawab, saintek lebih tepat, karna pertanian itu berhubungan dengan ilmu ilmu IPA bukan? semoga bermanfaat:)

      Delete
    4. Halo kak,sy mau tnya kalo sya mau ambil jrusan sastra inggris sy harus mmilih saintek atau soshum?

      Delete
    5. Kak saya mau tanya kalau saya mau ambil jurusan PGSD dan jurusan pendidikan Inggris saya harus memilih saintek, soshum atau campuran???

      Delete
    6. Kak saya mau tanya kalau saya ambil jurusan PGSD memilih saintrk tau soshum?

      Delete
    7. Saya mau nanya saya mau jurusan hubungan internasional apakah yang saya harus pilih sohum atau saintek

      Delete
  3. mau bertanya nih , kan saya jurusan Teknik komputer dan jaringan ketika SBMPTN saya mau mengambil PGSD atau IT itu sayapilih yang mana ya? apa campuran kah?

    ReplyDelete
  4. mau nanya, Pendidikan Pahasa Inggris itu SOSHUM ya?

    ReplyDelete
  5. Min klo misalnya mau ngambil jurusan akuntansi, manajemen sma pen.akuntansi itu soshum atau campuran? Thx

    ReplyDelete
  6. Kalau jurusan seni masuk kemana ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seni setahu saya termasuk sastra, jadi soshum.

      Delete
  7. Kalau jurusan seni masuk kemana ya? Thx

    ReplyDelete
  8. Kak mau nanya,saya mau milih sastra Korea, tapi di SMA sama sekali gada pembelajaran khusus tentang Korea atau moving class bahasa Korea gitu. Apa bisa ya??

    ReplyDelete
  9. Nanya dongs... jurusan seni musik tari dkk itu masuk mana?

    ReplyDelete
  10. Nanya dongs... jurusan seni musik tari dkk itu masuk mana?

    ReplyDelete
  11. Kalau saya ambil campuran bisa tidak saya ambil ipa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya SAINTEK kak (IPA doang) kalo campuran (saintek & soshum) soshum aja IPS, penjelasan di atas sudah jelas kok

      Delete
    2. itu namanya SAINTEK kak (IPA doang) kalo campuran (saintek & soshum) soshum aja IPS, penjelasan di atas sudah jelas kok

      Delete
  12. Kalau statistika masuk kemana ya? Soshum atau saintek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jwb ya,statistika itu kan hitung"an. Ya jdi itu masuk saintek.

      Delete
    2. Bantu jwb ya,statistika itu kan hitung"an. Ya jdi itu masuk saintek.

      Delete
  13. kak mau nanya, kalo Fakultas Perpajakan itu soshum kan ya?

    ReplyDelete
  14. kak apakah kluster sekolah juga menentukan?

    ReplyDelete
  15. Kak, sy d jurusan ips pengen masuk penddkan pertama bhs. Inggris dn kdua bhs. Indonesia jdi sy k soshum kah?

    ReplyDelete
  16. kak numpang nanya sy jurusan ipa mau masuk hbungan internasional saya masuk soshum atau campuran y?

    ReplyDelete
  17. kalau mau ambil jurusan pendidikan matematika?
    saintek?

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Kalau pertanian ngambilnya yang agribisnis itu masuknya yang apa kk? Sainstek bukan?

    ReplyDelete
  20. ka mau tanya , aku kan sekolah jurusan smk teknik. Tapi mau ambil jurusan pendidikan berarti masuk saintek atau soshum ?

    ReplyDelete
  21. Apa aja ka yang di tes di sbm ipc apakah ipa ips soalnya gabung atau gimana?

    ReplyDelete
  22. Min mau tanya dong kalo aku ambil ilmu komunikasi berarti nanti ambil soalny jenis soshum ya ? Skrg aku smk multimedia

    Oh yaa boleh g ambil 2 ptn ? Dan kalo 1 ptn boleh g 2 jurusan ?

    ReplyDelete
  23. Thx bgt bermanfaat bgt ini blog.

    ReplyDelete
  24. Kak mau tanya, kan aku SMA nya jurusan IPA. Tapi mau pilih SBMPTN Desainer Interior. Itu masuknya Soshum/Saintek/Campuran?? :( pliss bantu jawab kak.. Aku bingung mw belajar apa dulu ini
    Thanks

    ReplyDelete
  25. Teteh kalau saya jurusan Teknik Komputer Jaringan terus saya ambil Sasing + Desaign Komunikasi Visual nanti ikutnya Soshum kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. saya pikir itu masuk ke saintek deh, soalnya dia teknologi

      Delete
  26. Kak saya dari jurusan IPA kalau nanti mau ambil jurusan PGSD itu soshum saja atau campuran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapet info dari temen saya kalo pgsd itu soshum ka

      Delete
  27. Kak saya dari IPS pengen masuk FK bisa engga ka ?? Berarti ikut ujiannya kelompok SAINTEK ??

    ReplyDelete
  28. kak kalo arsitektur itu ngambilnya desain apa saintek?

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. min mau nanya. . kan sya SMA jrsan IPA, pengen masuk jurusan Hubungan Internasional, mask soshum apa cmpuran?

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Kak,aku mau ambil ilmu perpustakaan itu soshum/saintek kah?

    ReplyDelete
  33. Min .. Pengen nanya nih.. Gua kan anak smk jurusan Multimedia .. Tpi pengen kuliah jurusan arsitektur .. Salah gak min??

    ReplyDelete
  34. kalau ambil pgsd masuknya ke saintek atau soshum ya?

    ReplyDelete
  35. anak smk jurusan administrasi perkantoran lebih baik milih soshum atau saintek?

    ReplyDelete
  36. Sastra kan masuknya soshum
    Itu berlaku untuk semua sastra kan?? Misalkan sastra arab berarti ambilnya soshum??

    ReplyDelete
  37. Sastra kan masuknya soshum
    Itu berlaku untuk semua sastra kan?? Misalkan sastra arab berarti ambilnya soshum??

    ReplyDelete
  38. kalau saya jurusan IPS mau ngambil Arsitektur....tpi Mandiri di PTNnya...g mna....mf lain topik....
    dan juga jika ada PTN yang nerima IPS buat Arsitektur....d mna aja itu...
    Thanks

    ReplyDelete
  39. mau tanya , saya dari SMK jurusan Jasa Boga. mau ambil pendidikan teknik boga, itu masuk saintek atau soshum. terimakasih....

    ReplyDelete
  40. http://sbmptn.ac.id/index.php?mid=14
    Silahkan buka website ini. Disini kalian akan lebih tau jurusan apa saja yang termasuk SAINTEK/SOSHUM.

    ReplyDelete
  41. saya mendaftar SBMPTN mengambil ekonomi dan manajemen kan dua nya SOSHUM apakah bisa, terus nanti pas ujian seleksi nya gimna?

    ReplyDelete
  42. Kalau hi itu masuknya soshum atau saintek yaa ??

    ReplyDelete
  43. saya mau nanya, kan saya dari jurusan bahasa di MAN 1 BIMA, mau ambil jurusan tata busana, trus tesnnya soshum atau saintek????

    ReplyDelete
  44. saya mau kuliah jurusan tata busana,lalu tes SBMPTNnya dalam kelompok soshum atau saintek,,???
    mohon di jawab,,
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  45. Mimin mo nanya nih.. aku kan anak IPA lha mau ambil psikologi di kampus X, psikologi di kampus Y, trus Biologi di kampus X. Kira-kira bisa ga ya???

    ReplyDelete
  46. Mimin mo nanya nih.. aku kan anak IPA lha mau ambil psikologi di kampus X, psikologi di kampus Y, trus Biologi di kampus X. Kira-kira bisa ga ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa berarti nnti pas sbm ambilnya ipc (campuran) yaa

      Delete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. saya ambil jurusannya
    1. bahasa jawa dan sastar
    2. bahasa inggris
    3. bahasa inggri
    berarti saya termasuk dalam SOSHUM kan????

    ReplyDelete
  49. min, klu jurusan pertanian itu saintek atau campuran

    ReplyDelete
  50. Klo klompoknya soshum tapi prodinya berbeda gmna ? Ada maslahnya ?

    ReplyDelete

  51. Aku kan..
    Ngambil jurusan di UIN
    PAI. PGMI. DAKWAH TAHFSIR HADITS SOSIOLOGI PSIKOLOGI.
    .
    Di UNNES.
    PGSD
    IPS
    BHSA DAN SASTRA JAWA.
    Itu soshum atau campuran

    ReplyDelete
  52. Semoga bisa lgsg dijawab hhhe hhhhe.. Soalnya mepet..

    ReplyDelete
  53. mau nanya min perbedaan teknik informatika S1 dan teknik informatika (bilingual S1), dan jika saya memilih salah satu di antara itu saya masuk di saintek,soshum atau campuran ? mohon bantuannya min

    ReplyDelete
  54. Mau nanya rencana mau daftar psikologi dan hukum UI apakah itu termasuk campuran atau soshum ya? Karena di data diatas UI tdk termasuk univ yg memasukkan psikologi sbg saintek. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ^klo UI psikolog itu soshum

      Delete
  55. Kak mau tanya.. Kan saya SMA jurusan Ips.
    Nah saya jalur mandiri mau pilih agribisnis dan hukum.. Saya ngambil kelompok soshum apa sanitek?

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. kak mau nanya. Saya smk jurusan akuntansi. Dan mau masuk jurusan akuntansi perpajakan. Kira" tes masuk fakultasnya itu soshum kan kak? Tolong jawab ya kak. Soalnya saya mau persiapan buat materinya. Thanks🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya kak,saya jurusan ipa sma. Nnti mau masuk tek perminyakan dan ekonomi bisnis. Itu masuk kelompok soshum/saintek pas sbmptn..trimakasih

      Delete
  58. Kak mau tanya nih..
    Kalo mau ambil agribisnis dan adm negara itu masuk ipc atau soshum

    ReplyDelete
  59. Kak untuk fakultas manajemen bisnis tipe soal apa yg ujikan SINSTEK SOSHUM Atau CAMPURAN (IPC)...??

    Mohon bantuanya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass.. mau na.a nie.. sya brsal dri skolah MAN dan sya memilih jrusan agama pa boleh sya ambil saintek pas kuliah nanti.. makasih

      Delete
  60. Mau na.a nie.. sya skolah di MAN ngmbil jrusan agama.. bleh gak sya masuk saintek???

    ReplyDelete
  61. Kak kalau jurusan tehnik busana masuknya shosum atau saintek ?

    ReplyDelete
  62. Kak kalau jurusan tehnik busana masuknya shosum atau saintek ?

    ReplyDelete
  63. Bantu jawab,km nya dr jurusan apa dulu? Kalo aku dr ips, dan aku berniat buat ngmbl ipc,insyaallah smga allah mdhkan

    ReplyDelete
  64. Kak, apa gak apa-apa kalo cuman nggambil satu jurusan?

    ReplyDelete
  65. kalau jurusan informatika shosum atau saintek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr. Wb. Mau bantu jawab aja nih, informatika itu saintek.

      Delete
  66. Nanya kak kalo pgtk, pgsd dan pgpaud termasuk di apa?

    ReplyDelete
  67. Kak kalok jurusan agribisnis pertanian itu saintek atau shosum???

    ReplyDelete
  68. kak, kan aku ni jurusan ips, trus mau masuk teknik informatika,, sangat sulit dan apakah [eluangnya akan berhasil?

    ReplyDelete
  69. Maunnya donk, saya dari sma jurusan ipa, mau ikut ngambil jurusan dkv sma seni, itu sbmnya ikut yang mana yah..??

    ReplyDelete
  70. Permisi min..
    Klo pilihan 1 saya mau jurusan seni trs pilihan 2 jurusan X (soshum), itu bagaimana ya ??(mohon penjelasannya) Sedangkan jur.seni itu ada tes keterampilan..
    Trims atas bantuannya :)

    ReplyDelete
  71. Kan aku dari smk .mau ambil jurusn komputer dn informatika .itu ikutnya saintek apa soshum ya

    ReplyDelete
  72. Kak kalau dari paket c gitu bisa gak sih masuk Sbmptn?

    ReplyDelete
  73. kk, kalau pilih jurusan ;
    1. pendidikan guru sekolah dasar
    2. pendidikan akuntansi
    3. pendidikan bahasa dan sastra indonesia

    jenis tesnya apa ya kk?

    ReplyDelete
  74. kak, saya nanti mau ambil jurusan
    1. Sastra jepang / pendidikan jepang
    2. PGSD
    3. Bahasa Inggris

    saya ambil soshum atau ipc?

    ReplyDelete
  75. kak, saya nanti mau ambil jurusan
    1. Sastra jepang / pendidikan jepang
    2. PGSD
    3. Bahasa Inggris

    saya ambil soshum atau ipc?

    ReplyDelete
  76. Mau nanya ni saya tamatan smk boga mau masuk jurusan boga juga jadi tesnya tes apa?

    ReplyDelete
  77. Kak mau nanya nih . Saya kan msuk campuran . Kalo nilai saintek saya rendah apa brpegaruh ke nilai soshum dan pertimbangan kelulusan jurusan ips yg saya ambil

    ReplyDelete
  78. Kalo saya ngambil farmasi dan management saya masuk jurusan apa?

    ReplyDelete
  79. mau tanya kala misalnya SMK ngambil jurusan perkantoran?akuntansi,kuliahnya bisa ngambil jurusan Sistem Informasi(SI) atau tidak?

    ReplyDelete
  80. Mau tanya kalau cuma mau ambil jurusan manajemen itu saintek atau soshum ya???teri terimak

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  82. Kak, saya kan jurusan ipa mau ngambil sastra inggris. Jdi saya harus ikut ipc gak sih? Jawab plisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka saya mau nanya..
      Kalo kita mau masuk ptn ijazah nya melalui paket c apa iu bisa??

      Delete
  83. Kak, saya mau ngambil agribisnis itu termasuk saintek atau soshum?

    ReplyDelete
  84. kak, kalau pend.bhs inggris itu gabisa disaintek apa ya? :(

    ReplyDelete
  85. mau tanya dong kalo jurusan pendidikan agama itu masuk yang mna yaa

    ReplyDelete
  86. Mau tanya, kalau ngambil jurusan statistika itu masuk saintek atau soshum?

    ReplyDelete
  87. mau tanyaa, kalo mau ngambil yang jurusannya olahraga, ngambil yang mana ya?. mksh

    ReplyDelete
  88. Kak,mau tanya..
    Kan saya di sma jurusan ipa dan nanti di perkuliahan saya ingin mengambil jurusan teknologi informasi,,
    Jadi saya ngambil saintek apa soshome?

    ReplyDelete
  89. kak mau tanya apakah misal saya pilih ipc dan bisakah lulus sekali dua? misal saya lulus soshum akuntansi di universitas x dan sainteknya lulus di teknik informatika universitas y

    ReplyDelete
  90. Mau nanya ni kk kalau mau nyari stan jurusan pajak,di sbmptn harus ngambil yg mana ni shosum,saintek atau campuran? Biar gk belajar ngulang lagi untuk stannya, krena kn jrak ujian stan dn sbmptn agk berdekatan..

    ReplyDelete
  91. Mau tanya ni kak,saya SMA jurusan IPA ingin mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam,yg harus saya ambil SAINTEK ATAU CAMPURAN kak?

    ReplyDelete
  92. Kalau mau ambil jurusan tataboga dan disain busana itu ujiannya pilih yang mana ya ?

    ReplyDelete
  93. kalo saya ambil rekam medis pilih yang mana ya ??

    ReplyDelete
  94. Min saya mau nanya, klw ngambil teknik elektro itu saintek ya min... dan saya lulusan 2017 apa masih bisa ikut sbmptn 2019?

    ReplyDelete
  95. Mau tanya min, aku SMA jurusan saintek. Nah mau ambil PKK tata busana. Nah.. PKK tata busana kalo dari saintek itu bisa SNMPTN nggak? Atau cuma bisa SBMPTN sama UM aja?

    ReplyDelete
  96. Mau nanya nih, kalo saya sbmptn ngambik saintek tp jurusan yang sama minati adalah sastra. Apa bisa seperti itu? Atau saya harus lintas jurusan menjadi soshum

    ReplyDelete
  97. min mau nanya, aku sma kan ambil jurusan ipa terus mau ambil pendidikan agama islam, terus sbmptnnya apa min..terimakasih

    ReplyDelete
  98. Saya SMA jurusan IPA mau masuk psikologi. Psikologi ada yang saintek dan soshum, tapi saya lebih ingin yang soshum. Jadi saya tidak salah kan kalau lintas jurusan?

    ReplyDelete
  99. Mau tanya nih, saya ingin mendaftar di universitas brawijaya dengan jurusan kewirausahaan sama perikanan, apakah saya harus ikut tes yang campuran?

    ReplyDelete
  100. Kak , mau nanya .kalo milihnya pgsd, teknologi pendidikan, sama tata busana itu masuknya jenis tes yang mana ya kak ? Terimakasih .

    ReplyDelete
  101. Kalau pendidikan agama islam masuk nya SBMPTN saintek atau soshum?

    ReplyDelete
  102. Kalau saya anak SMK mau ambil akuntansi dan psikologi bagaimana ya

    ReplyDelete
  103. Bantu jwb dong kak...
    Saya mau ngambil jurusan komunikasi tapi saya anak ipa
    Jadi ngambil apa dong kaka ..??

    ReplyDelete
  104. Anak SMK jurusan perbankan mau ambil akuntan atau beacukai masuk nya ke SAINTEK atau CAMPURAN?

    ReplyDelete
  105. Klu management bisnis termasuk kemana min?

    ReplyDelete
  106. Kak mau nanya kalau mau pilih jurusan komputer ambilnya sainstek apa soshum kk?

    ReplyDelete
  107. Ka mau tanya nih , kan saya dari ipa terus saya ntar klo di perguruan tinggi mau pilih jurusan akuntansi, itu bisa kan ka terus kalo tes pilihnya apa dan caranya gimana ka.... Maaf ya ka cuma nanya. Soalnya bingung nih

    ReplyDelete
  108. Min, mas atau mbak aku mau nanya aku mau masuk informasi teknologi. Ambilnya sainstek apa soshum ya? Selebihnya terinakaste

    ReplyDelete
  109. Mau tanya kak... Kalau mau kuliah jurusan pendidikan matematika itu jenis tesnya apa? Sanitek kah?.. Terimakasih

    ReplyDelete
  110. Ka kalo tamatan smk jurusan administrasi perkantoran, terus mau melanjut cocoknya ambil jurusan apa ya ka?

    ReplyDelete
  111. Mau tanya min, kalo ngambil campuran itu ntar soalnya ada sainteknya ada soshum nya gitu maksudnya?

    ReplyDelete
  112. Asalamuallaikum wr.wb
    kak tolong dibantu jawab ya kak, disini kan pada tahun 2019 sbm pakai sistem utbk dlu baru bisa ikut seleksi sbm nah kalo aku nanti ikut soshum tapi pada saat seleksi sbm apakah bisa ambil jurusan farmasi dan akuntasi.

    ReplyDelete
  113. Maaf minta pendapat..
    Saya SMK dri jurusan TKJ dan ingim kuliah Jurusan Teknik Informatika ..Enaknya yg cocok Pilih Soshum atau Saintek ya.?

    ReplyDelete
  114. Maaf minta pendapat..
    Saya SMK dri jurusan TKJ dan ingim kuliah Jurusan Teknik Informatika ..Enaknya yg cocok Pilih Soshum atau Saintek ya.?

    ReplyDelete
  115. Kalo jurusan DKV itu ambil saintek apa soshum ?

    ReplyDelete
  116. Klo jurusan pariwisata itu masuk saintek atau soshum?

    ReplyDelete
  117. Min kalau tes kemarin saya ambil jurusan saintek di UTBK, apakah bisa min ambil jurusan olahraga nanti di SBMPTN(?)

    ReplyDelete
  118. Kalo tes utbk saya saintek apakah saya bisa ambil pilihan prodi kuliah seperti pilihan pertama agribisnis (saintek) dan pilihan kedua musik (soshum)

    ReplyDelete
  119. Min mau tanya kalo saya ngambil jurusan fakultas hukum, itu masuk soshum atau campuran. Sya jalur SMMPTN 2019

    ReplyDelete
  120. Assalamualaikum,pak saya mau bertanya,saya utbkx ngambil saintek terus saya mau ngambil jurusan PGSD apakh boleh ya pak

    ReplyDelete
  121. jurusan Kewirausahaan ITB itu soshum apa saintek ya..?

    ReplyDelete
  122. Min mau nanya, kan saya ikut utbk jurusan soshum, tapi saya di suruh oleh ortu tiba-tiba suruh ngambil jurusan Teknik informatika, sedangkan saya sudah melakukan utbk mengambil jurusan soshum, pertanyaanya apakah nilai utbknya bisa buat mendaftar ke jurusan IT?

    ReplyDelete
  123. min mau nanya, kan saya smk jurusan akuntansi apa bisa masuk kuliah jurusan teknik sipil / arsitek?

    ReplyDelete
  124. Mau nanya,klo pendidikan agama islam tuh termasuk soshum ya?

    ReplyDelete
  125. Mau tanya ni min saya sma nya ipa tapi saya lebih pham ke pljrn ips . Nah saya bisa masuk ke ipa gara2 tes iq saya pantas di ipa tpi saya mau masuk ke ugm prodi psikolog tes nya enak soshum apa saintek ya?

    ReplyDelete
  126. klo snmptn ngambil jurusannya campuran bisa atau tidak??

    ReplyDelete
  127. kalau mau ngambil jurusan sastra inggris sama teknologi informasi itu masuk Saintek apa Campuran?

    ReplyDelete
  128. Hallo kak, saya siswa smk kelas 12 jurusan perkantoran,pengen kuliah jurusan keperawatan itu sarannya gimana ya kak?

    ReplyDelete
  129. Saya menemukan posting ini dari Google dan sangat terkesan dengan informasi yang Anda sajikan! Saya pasti akan secara individual merekomendasikan situs ini kepada teman-teman saya. Saya akan mem-bookmark situs Anda dan kembali ke sini lain waktu untuk membaca posting yang lebih menarik. Salam hangat.

    ReplyDelete
  130. hi kaka semua=). saya mau nanya, kalau mengambil jurusan akuntansi masuknya soshum ya?
    lalu kalau ambil bisnis dan manajemen apakah masuknya soshum juga kah?
    mohon bantuan jawabannya =)

    ReplyDelete
  131. hi kaka semua=). saya mau nanya, kalau mengambil jurusan akuntansi masuknya soshum ya?
    lalu kalau ambil bisnis dan manajemen apakah masuknya soshum juga kah?
    mohon bantuan jawabannya =)

    ReplyDelete
  132. hi kaka semua=). saya mau nanya, kalau mengambil jurusan akuntansi masuknya soshum ya?
    lalu kalau ambil bisnis dan manajemen apakah masuknya soshum juga kah?
    mohon bantuan jawabannya =)

    ReplyDelete
  133. Permisi Kak, saya mau tanya kalo jurusan ips pengen masuk kuliah keperawatan bisa ngga ya kak? Kira" harus pilih yang soshum apa saintek ya kak?

    ReplyDelete

 

Kerjasama dan media partner:

  • Copyright © InfoMasukPTN™ is a registered trademark.
    Designed by Infomasukptn. .