Wednesday 25 November 2015

Filled Under:

Pentingnya Cek Akreditasi Perguruan Tinggi

JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAH




Hay guys, kali ini terbitlah artikel yang bakal mengulas tentang akreditasi dan pentingnya menge-cek akreditasi sebelum memilih prodi atau perguruan tinggi nanti. Sebelumnya sudah pernah tahu apa itu akredritasi? Sekedar tahu atau bahkan sudah banyak membaca artikel tentang akreditasi? Atau bahkan sama sekali belum tahu malah bahkan baru pernah dengar?
Pernah gak sih terbesit di benak kalian “ Kenapa sih PTS (Perguruan Tinggi Swasta) itu rata-rata suka banget nunjukin akreditasi kampusnya, emang penting banget yah akreditasi itu?” Sebenernya bukan cuman PTS sih, PTN juga ada akreditasinya kok 
Yep, bagi kalian yang belum pernah denger istilah akreditasi yuk mari kita bahas di artikel ini


Apa aja yang dinilai di akreditasi?
1.      Kurikulum dari setiap program pendidikan
2.      Jumlah dosen / tenaga pendidik.
3.      Keadaan mahasiswa
4.      Koordinasi pelaksanaan pendidikan
5.      Sarana dan prasarana pendidikan.
6.      Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Penilaian akreditasi merupakan tolak ukur kualitas suatu prodi/institusi di perguruan tinggi

FYI aja, akreditasi itu harus diperbaharui tiap 5 tahun sekali dan setiap prodi di-Indonesia wajib terakreditasi oleh BAN-PT. Dan FYI juga bahwa tercatat di bulan Desember tahun 2014 di Indonesia itu jika dijumlahkan totalnya ada ribuan prodi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang belum terakreditasi! (berd. Kompas).


Bisa dibilang akreditasi itu suatu standardisasi. Jelas mahasiswa yang IPK-nya 4 di PTN/PTS yang akreditasinya A, beda dengan mahasiswa di akreditasinya B. Jadi, akreditasi itu penting buat ngejaga mutu prodi.

Nah, nilai akreditasi itu berkisar antara 0-400

1. Akreditasi A = 361 - 400
2. Akreditasi B = 301 - 360
3. Akreditasi C = 201 - 300

Buat prodi / institusi yang nilainya dibawah 201, berarti N/A atau tidak terakreditasi.

Prodi-prodi yang gak bisa ngejaga mutunya bakal drop nilainya. Tapi masih banyak protes dari pihak yang akreditasinya turun, dan banyak juga pihak yang nganggap bahwa akreditasi itu gak terlalu penting.
Lalu, pengaruhnya waktu kita kuliah kaya gimana sih?

Dikutip dari sindonews.com
bagi lulusan yang ingin bekerja apalagi ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), beberapa instansi mensyaratkan akreditasi. Bahkan beberapa perusahaan swasta sudah mensyaratkan calon tenaga kerjanya harus dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B bahkan harus A.

"Sebenarnya akreditasi ini banyak kegunaannya. Banyak instansi-instansi yang mensyaratkan tenaga kerjanya berasal dari lulusan prodi yang berakreditasi A. Kalau Pemda umumnya minimal B. Walaupun kita dari universitas negeri yang ternama sekalipun tapi kalau akreditasinya C maka tidak bisa mendaftar di pemda (pemerintah daerah)," tegasnya.

“Bahkan ada lulusan universitas swasta di Yogykarta dengan IPK 4,0 tapi akreditasinya C, waktu mendaftar di Pemda DIY ditolak, karena untuk Pemda DIY akreditasinya minimal B,” pungkasnya.

source: http://nasional.sindonews.com/read/787950/15/manfaat-akreditasi-bagi-ptn-pts-1380207908






Nah saran dari mimin, buruan deh cek akreditasi PTN/PTS yang bakal kamu tuju buat kuliah nanti, baik akreditasinya maupun tahun kadaluarsanya, dan perkirakan tahun kamu lulus kuliah nanti, kira-kira akreditasinya masih berlaku tidak saat kamu lulus kuliah nanti

SELALU CEK AKREDITASI!

cek akreditasi setiap prodi PTN maupun PTS yang ada di Indonesia di website resminya BAN-PT

Di sini nihh ( http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php ). Ya minimal kamu kuliah di universitas yang terakreditasi, C juga gapapa lah, gak menutup kemungkinan ketika kamu lulus, akreditasi itu bakalan naik. Bisa diliat kapan akreditasi kadaluarsa di link resmi BAN-PT yang   kasih di atas.

Dan buat kamu yang udah terlanjur salah daftar ke yang akreditasinya kurang (< dari B), gak apa apa.

Akreditasi itu tidak kesuksesan kok. Tapi yang jelas, akreditasi bakal mempermudah kesuksesan kamu , jadi selalu cek baik-baik akreditasi di PTN/PTS yang kamu incar. Bisa aja ternyata PTN/PTS itu abal-abal dan gak berakreditasi.


Referensi  :
 http://filosofiremaja.blogspot.co.id/2015/05/pentingnya-cek-akreditasi-sebelum-daftar-ke-perguruan-tinggi-negeri-swasta.html

Unknown

Author & Editor

Admin @infomasukptn sejak tahun 2012 yang memberikan informasi di berbagai sosial media. Untuk informasi real time bisa ikuti info di twitter @infomasukptn atau LINE : @nje7046e (pakai @) .

0 komentar:

Post a Comment

 

Kerjasama dan media partner:

  • Copyright © InfoMasukPTN™ is a registered trademark.
    Designed by Infomasukptn. .