Monday 9 May 2016

Filled Under:

Daftar PTN favorit pilihan siswa SNMPTN 2016

JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAH
Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan hari ini pukul 13.00 WIB atau sehari lebih cepat dari yang telah ditentukan oleh panitia SNMPTN.
Ketua Umum Panitia SNMPTN, Rochmat Wahab mengatakan, Unpad sebagai perguruan tinggi terfavorit. Unpad paling banyak diminati karena memiliki program studi (prodi) lebih banyak dari PTN lain.

“Ini bukan berarti PTN yang lain tidak favorit, Unpad memiliki program studi lebih banyak dari PT lainnya atau ada program studi yang paling diminati,” kata Rochmat pada konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2016 di Gedung Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Jakarta, Senin (9/5).

Rektor Univeritas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menyebutkan, ada 10 besar PTN dengan pendaftar terbanyak, yakni berikut daftar universitas :


Menurut Rochmat, tahun ini siswa yang diterima lewat jalur SNMPTN sebanyak 115.178 siswa, terbanyak dari Jawa Timur berjumlah 18.132 siswa. Berikutnya dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Riau.
“Jumlah pendaftar dan yang lolos SNMPTN 2016 yakni di Pulau Jawa dan itu Jawa Timur karena di sana paling banyak PTN dan kita tidak bisa memaksa anak-anak untuk memilih perguruan tinggi seperti yang kita mau.

Adalah hal yang wajar bila Pulau Jawa masih mendominasi pilihan minat siswa-siswa yang memilih PTN. Kami akan mengkaji ulang agar penyebaran siswa-siswa juga bisa merata ke Sumatera, Kalimantan dan Indonesia bagian timur karena di luar Jawa pun banyak perguruan tinggi yang bagus,” ucap Rochmat.

Sementara berdasarkan rekapitulasi hasil SNMPTN 2016, dari 645.202 pendaftar, yang diterima hanya 115.178 atau 17,85 persen dengan kuota 40 persen di setiap perguruan tinggi negeri (PTN) yang ditentukan panitia. Sedangkan untuk 2015, total pendaftar ada 852.093 peserta dan yang diterima sebanyak 137.005 peserta atau 16,08 persen dengan kuota setiap PTN 50 persen untuk jalur SNMPTN.

Selain lewat jalur SNMPTN, ada siswa yang diterima lewat jalur Bidikmisi. Bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah secara penuh bagi mahasiswa yang prestasi dalam jangka waktu maksimal 4 tahun selama mereka kuliah di PTN yang menerima mereka. Penerima Bidikmisi berjumlah 24.506 siswa.

(SUMBER : jogja student)

Unknown

Author & Editor

Admin @infomasukptn sejak tahun 2012 yang memberikan informasi di berbagai sosial media. Untuk informasi real time bisa ikuti info di twitter @infomasukptn atau LINE : @nje7046e (pakai @) .

0 komentar:

Post a Comment

 

Kerjasama dan media partner:

  • Copyright © InfoMasukPTN™ is a registered trademark.
    Designed by Infomasukptn. .